Iklan saya

header ads

Dirut Baru Telkomsel Punya Strategi Luar Biasa Untuk Masa Depan

Timeoke, Banda Aceh - Telekomunikasi Selular (Telkomsel) melihat bahwa fenomena lambatnya perekonomi yang terjadi akibat pandemi Covid-19 memberikan percepatan momentum untuk melakukan transformasi digital, dan permasalahan ini membuat kita harus sadar untuk bergerak lebih cepat dalam melakukan semua lini dalam digitalisasi

Setyanto Hantoro selaku Direktur Utama Telkomsel, mengatakan bahwa untuk memenuhi momentum transformasi digital akibat aktivitas ekonomi yang sangat meminimalkan sentuhan fisik pihaknya memiliki tiga strategi dalam menanggapinya

“Pertama, digital connectivity. Ini menjadi semacam core of the core. Telkomsel menyediakan konektivitas digital untuk semua segmen masyarakat. Kedua, digital platform. Menyediakan platform digital yang andal. Dan ketiga, digital services, menyajikan layanan yang berkualitas di atas platform yang dimiliki,” katanya di dalam sebuah agenda Indonesia Brand Forum (IBF)

Selain itu juga, dia melihat bahwa perlu langkah lain juga dalam proses untuk bertransformasi menjadi sebuah perusahaan digital, katanya, karena Telkomsel perlu juga mengadopsi proses kerja seperti halnya proses kerja seperti di startup yang dapat mengakselerasi lahirnya produk dan layanan yang inovatif.

Hal ini dimungkinkan dengan terus untuk mengadopsi budaya baru, karena pola yang lama tidak lagi sesuai dengan tantangan dan bisnis saat ini dan masa depan. Untuk menumbuhkan budaya inovasi seperti startup ini, kami mengenal dengan rumus 4D, yaitu discover, define, develop, dan deliver,” terangnya.

Dia menjelaskan bahwa discover itu adalah menentukan segmen pelanggan, menemukan masalah para pelanggan, mensintesis wawasan, dan memvalidasi pelanggan. Kemudian, define adalah menyempurnakan konsep, termasuk memprioritaskan solusi, menentukan nilai proposisi, dan merumuskan model bisnis.

Selanjutnya, develop adalah sesuatu yang bersifat bereksperimen dengan solusi, melakukan percobaan dengan asumsi_asumsi tersebut, serta mempersiapkan rencana untuk implementasi. Terakhir, deliver, di mana langkah-langkah yang dilakukan adalah menerapkan konsep, memvalidasi konsep, dan mengulang konsep tersebut.

Setyanto juga melanjutkan bahwa dalam transformasi digital untuk rangka menjadi telco digital company menjadi syarat penting bagi Telkomsel dalam memenangkan persaingan. Dengan konektivitas luas yang dimiliki, banyaknya platform, dan beragamnya layanan, dia meyakini bahwa pihaknya akan tumbuh semakin besar.

Namun di lain pihak, dia juga pernah mengatakan bahwa pihaknya juga tetap terus menganut nilai-nilai korporasi yang penting untuk menjaga kestabilitas dari perusahaan dan juga agar ide-ide baru yang hadir tetap dapat dikelola dengan baik, dan juga dengan potensi yang ada, kami ingin nantinya Telkomsel ini menjadi sebesar gajah, tetapi juga selincah merpati,” katanya.