Iklan saya

header ads

Kenapa Internet Harus Pakai Kouta dan Harus Bayar

Timeoke, Banda Aceh - Pertanyaan siapa ini, sebenernya pertanyaan awam meskipun banyak orang nggak tahu dijaman sekarang dan sebenarnya ini pernah terbesit lama dikepala saya bahkan ini sudah sejak pertama saya beli kartu paket atau kuota internet pertama saya. Karena masih kebingungan saat itu maka saya cari tahu kesana kemari akhirnya ketemu juga jawabannya, dan sekarang ada baiknya kalau dicurahkan dalam bentuk tulisan Aja. 

Kenapa internet harus bayar? Kenapa tidak gratis saja supaya semua orang bisa berkomunikasi secara mudah dan tentunya bisa bikin masyarakat bahagia karena bisa buka apa aja gratis nonton YouTube sampek puas gratis

Saya lahir tahun 1998 mengenal internet 2013 pada saat itu lagi jamannya minta dipromote pin BBM tapi sekarang BBMnya udah bangkrut kalah sama WA, Dulu itu juga keberadaan Warnet masih jadi primadona main sejam bayar tiga ribu rupiah tapi sekarang WarungKopi dimana_mana bayar Kopi 3000an aja bisa duduk dari pagi sampek besok paginya lagi.

Ya dulu mungkin hanya sebagian orang saja yang tahu internet, sebelum pasar HP China banyak mengekspansi pasar Indonesia, karena dulu Hp itu mahal khususnya Hp canggih, dan setelah merek Xiomi Oppo dan lain_lain mendarat di Indonesia anak SD pun bisa punya Hp kualitas tinggi dengan harga murah.

Balik lagi pada pembahasan kita, kenapa internet itu harus pakai kouta bayar? Bagi masyarakat awam mungkin salah satunya ada yang beranggapan kalau pemasukan para pemilik website seperti timeoke.blogspot.com, atau Youtube atau Google mereka mendapatkan penghasilan dari setiap kuota yang kita habiskan, sejatinya bukan begitu ferguso karena mereka tak mendapatkan sama sekali penghasilan dari biaya internet yang kita beli, bukan per klik artikel yang kita baca mereka menghasilkan sekian rupiah atau setiap kunjungan yang kita datangi.

Faktanya Internet itu Gratis, bayar itu untuk operator Jaringan, kok bisa?
Pada dasarnya, internet itu gratis tis tis, yang menyebabkan internet berbayar atau beli kouta itu adalah karena operator jaringan. Kecuali operator jaringan adalah Perusahaan nenek moyang kita yang diperuntukan khusus untuk rakyat yang berharap gratisan. Ya mungkin bisa gratis kalo gitu ferguso.

Mungkin ada yang bertanya lagi kenapa harus ada Operator Jaringan sih?

Seperti yang kamu tahu di Indonesia sendiri kita kenal nama-nama seperti Telkomsel, Indosat, 3, AXIS, XL, Indosat, dan Smartfren Mereka itu adalah para operator jaringan atau penyedia layanan Internet. Mereka itulah yang menjual internet ke masyarakat kita. Kita tahu bahwa mereka dalam hal menyediakan akses internet membutuhkan peralatan yang mahal, kalau nggak jualan kouta dapat untung atau uang dari mana untuk itu semua

Belum lagi harus pajak yang kepada pemerintah dan gaji karyawan juga yang harus mereka bayar tiap bulannya. Karena mereka ibaratny sebagai pedagang atau penjual tentu saja dimana - mana mereka ingin untung dan tidak mau rugi kan?

Dan jika pun kita ngotot ingin dapat  menggratiskan akses internet, tentu saja kita musti bayar karena peralatan hardware seperti BTS, satelit, dan lain lain yang tentu saja harganya butuh uang yang sangat banyak. Belum lagi untuk biaya perawatan hardware dan sistemnya, emang punya duit untuk beli itu semua loe toong

Apakah bisa koneksi Internet di gratiskan?

Kalo pengen gratis sih cukup cari area Wifi yang gratis aja, seperti nongkrong di WarungKopi dari pagi sampek pagi lagi, pesan kopi satu untuk begadang, hehe, nggak gitu juga kali dicari emak tuh loe toong atau dicari sama binik tuh anak mintak uang jajan, haha, Gimana nih sekarang sudah mengerti kan kenapa internet itu harus berbayar dan nggak gratis saja.