Iklan saya

header ads

3 Cara Menyusun Strategi Pemasaran Untuk Kamu Yang Minim Bujet

Timeoke, Aceh Besar +Bisnis - Menyusun strategi pemasaran adalah salah satu bagian penting dari kesuksesan startup atau perusahaan, benar nggak! tapi bagi sebagian startup maupun perusahaan, bujet pemasaran yang kecil sering kali jadi masalah waktu mau ngelakuin pemasaran.

Tapi benar nggak sih kayak gitu! benar nggak! Tapi tenang dulu jangan khawatir karena Mas Wasudewan mengatakan bahwa sebenar bujet yang minim semestinya nggak jadi penghambat buat ngelakuin pemasaran apalagi kalau kamu melakukan pemasaran secara digital, Masudewan memberikan tiga tips melakukan pemasaran yang efektif tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya

1. Pelajari perjalanan pelanggan atau customer journey

Perjalan pelanggan adalah langkah-langkah yang diambil oleh calon konsumen ketika ingin membeli suatu produk dalam jangka waktu tertentu, contohnya nih guys Oto.com sebagai flatform penyedia marketplace otomotif yang pertama kali merancang strategi perjalanan pelanggan berdasarkan pengalaman mereka di India.

Kalau di India biasanya ketika orang ingin membeli mobil iya membutuhkan waktu hingga dua bulan, mulai dari pertama kali dia ingin membeli mobil sampai akhirnya dia membeli mobil, lama juga ya kalau orang mau beli mobil di India. 

Selain itu biasanya orang-orang di India mengunjungi website otomotif untuk mencari tahu tentang spesifikasi mobil yang ingin dibeli ataupun misalnya mengenai informasi yang berkaitan dengan mobil itu sendiri, hal ini berbeda dengan yang di Indonesia karena ternyata waktu yang dibutuhkan oleh pelanggan Indonesia ketika ingin membeli mobil hanya satu bulan saja.

Perbedaan paling mendasar terletak dari perjalanan pelanggan yang dilalui oleh orang-orang Indonesia, kalau orang-orang Indonesia biasanya ketika ingin membeli mobil dia udah tahu mobil apa yang mau dia beli, kenapa? karena sebelumnya udah pernah berada didalam mobil itu atau bahkan membanya.

Jadi ketika mengunjungi suatu website yang dia butuhkan adalah informasi tentang promo, harga terbaik taupun deal terbaik yang bisa Iya dapatin, benar nggaak! Disaat itulah Oto melakukan perubahan terhadap strategis bisnis mereka di Indonesia dengan mengacu pada perjalanan pelanggan di Indonesia

2. Susun kata kunci pencarian berdasarkan perjalanan pelanggan yang kamu miliki

Menurut Wasudewan, kita harus fokus pada search engine optimization (SEO) yang mengacu kepada perjalan pelanggan, misalnya saja nih, kamu udah tahu ohh ternyata pelanggan kamu itu paling doyan mencari informasi tentang diskon, promosi atau penawaran terbaik.

Kebiasaannya warga Indonesia sukanya sama promo, casback, Ya nggak Haha! Jadi kata kunci yang kamu masukan kedalam website kamu adalah hal-hal yang berkaitan dengan informasi tersebut 

3. Jangan menawarkan solusi yang sama terhadap permasalahan yang berbeda

Mas Wasudewan sangat menekankan kita untuk memberikan penawaran berupa solusi yang udah disesuaikan dengan masalah tiap-tiap pelanggan, hal ini dikarenakan setiap pelanggan tentu saja punya permsalahan yang berbeda dan mereka juga berharap mendapat solusi yang berbeda juga.

Sayangnya masih banyak tenaga penjualan atau pemasaran yang melupakan hal-hal krusial ini, padahal dengan menyelami permasalhan setiap pelanggan kita dapat menawarkansolusi yang berbeda-beda dan juga membuat pelanggan semakin dekat dengan kita.

At the end, percuma punya produk menarik tapi tidak punya strategi pemasaran yang efektif, disisi lain kamu juga harus hati-hati dengan yang namanya pengeluaran, tapi dengan menerapkan tiga tips tadi kamu bisa melakukan keduannya dengan lebih efisien