Iklan saya

header ads

Cerita 21 Tahun Alibaba Jadi Bisnis Raksasa

Timeoke, Aceh Besar +Inspirasi - Perjalanan Alibaba dimulai tahun 1999 dengan jumlah tim 18 orang yang dipimpin oleh Jack Ma, situs web pertama yang diluncurkan adalah dengan nama Alibaba.com, sebuah grosir daring berbahasa inggris.

Jumlah pembeli di situs Alibaba.com, sudah menjangkau 190 negara, dan penggunanya tidak hanya individu, tetapi juga pengecer, produsen, pedagang besar hingga pelaku UKM yang bergerak di bidang ekspor impor.

Walaupun saat ini Jack Ma pensiun dari Alibaba, tapi perusahaan rintisannya tersebut tidak berhenti berekspansi kesana kemari sampai kepelosok negeri, terbukti Alibaba semakin giat merentangkan sayap bisnisnya kesana kemarin.

Keberhasilan transisi kepemimpinan Jack Ma menjadi pelajaran penting bagi banyak para Start Up diseluruh dunia termasuk indonesia didalamnya yang tak ketinggalan yang telah menginspirasi banyak anak muda tentunya.

Luar biasa sekali Ya! dibalik 21 tahun Alibaba, buat kamu yang lagi sedang membangun Start Up dan ingin agar perusahaan rintisanmu bisa seperti Alibaba, asah kemampuanmu menjadi pemimpin terbaik.

Karena dalam sebuah Start Up bukan tentang Apa Idenya tapi Siapa CEOnya pastikan dirimu menjadi seorang CEO yang hadal, seperti halnya bukan Apa Barangnya tapi Siapa Penjualnya begitu juga didalam membagun Start Up.

Siapa sangka dulu Jack yang selalu ditolak dimana-mana kini membetuk dirinya menjadi seorang bijaksana yang menghantarkan Alibaba dan beberapa perusahaan rintisannya lain menjadi mendominasi dunia, kadang penolakan itu baik untukmu, cikal bakal besarnya sebuah ide bisa terlihat dari perjuangan dan pastikan kamu seorang pejuang yang tidak takut ditolak.

Dulu orang tidak percaya dengan idenya Jack Ma tapi karena memiliki jiwa pemimpin, perusahaannya bisa besar bukan karena idenya saja yang cemerlang, tapi itu tentang bagaimana mengambil sikap untuk percaya pada mimpinya itulah yang membuat semuanya jadi kenyataan sekarang,

Dan Jack Ma pernah berkata kamu tak harus bisa segalanya tapi kamu harus bisa menemukan orang-orang yang pintar dan membuat mereka berkerja sama diatas mimpi perusahaan, mendirikan perusahaan atau start up bukan tentang berkerja sendirian tapi kamu butu orang-orang yang bisa berkerja diatas visi misi, dan pastikan kamu bisa menemukan orang-orang terbaik.

Bukan tentang Idenya yang hebat tapi seorang pemimpin harus hebat, Yahoo hancur karena pemimpinnya disaat lagi menjulangnya, itu semua karena sikap pemimpinnya dan Amazon dulu pertamanya hanya menjual buku secara online hingga bisa sebesar sekarang menjual segalanya itu karena pemimpinnya atau CEO.

Cerita 21 tahun Alibaba jadi bukti semuanya mungkin dengan seorang pemimpin yang memiliki sudut pandang yang berbeda dari pada orang yang kebanyakan tapi punya jiwa pemimpin didalam dirinya, latih dirimu untuk menjadi pemimipin yang hebat bukan hanya tentang Ide luar biasa