Iklan saya

header ads

Kecerdasan Emosional Apa yang Harus di Miliki Leader

Timeoke, Aceh Besar +
Inspirasi - Kecerdasan emosional apa sih yang harus dimiliki oleh leader? harus pinter ngomong? harus segalanya bisa? multitasking juga? Hal terpenting adalah anda punya self-awareness atau kesadaran diri yang tinggi, percaya diri dan mampu mengembangkan potensi diri.

Seorang yang punya kesadaran diri yang tinggi cenderung lebih baik dalam menjadi seorang leader karena ibaratnya nih kalau diri sendiri aja nggak sadar akan pentingnya perubahan bagaimana mau merubah orang lain, orang-orang disekitarnya itu akan tergerak ketika melihat seorang pemimpinnya bergerak kalau pemimpinnya malas-malasan dan tanpa sadar hal itu juga akan berdampak kepada para orang-orang yang berada dibawah pimpinannya.

Percaya diri itu juga perlu karena seorang yang percaya diri akan cenderung lebih dihargai oleh orang lain dibandingkan yang kurang percaya diri, karena seorang leader itu cerminan dari para followers, bagaimana seorang followers bisa dinilai dari bagaimana seorang leader yang memimpin, dan orang yang percaya diri akan lebih mudah mengekspresikan segala sesuatu termasuk ide luar biasanya kepada semua orang.

Dan yang tak kalah penting adalah mampu mengembangkan potensi diri, karena ibaratnya nih sebagai seorang kapten ia yang harus menentukan kemana arah kapal mengarungi samudara, dirinya harus mampu mengembangkan potensi diri kalau tidak! bakalan ketinggalan atau tenggelam kedalam dasar lautan, karena jaman yang begitu cepat berubah harusnya pontensi diripun harus terus diasah dan terus berkembang seiring berjalannya waktu.

Self regulation atau pengaturan diri, yaitu dengan mengontrol pikiran dan merubah emosi, mampu memotivasi diri dan orang lain, punya empati yang tinggi dan juga social skill yang bagus, ini adalah hal classic yang harus anda punya, apakah anda sudah punya semuanya atau baru beberapa?

Seorang leader harus tangguh, sabar dan tidak takut gagal terus mencoba dengan cara yang berbeda karena ada begitu banyak jalan menuju roma kalau jalan satu buntu harus segera menemukan jalan lainnya untuk mencapai tujuan atau targetnya.

Karena seorang leader yang memimpin dari para followers! jadi harus bisa menemukan keputusan yang tepat, keputusan menetukan tindakan yang akan menghasilkan sebuah hasil seperti yang diharapkan.

Dan yang terakhir sebagai seorang leader harus berani bertanggung jawab, harus mengambil tanggung jawab penuh terhadap segala hal yang dikerjakan dan juga yang dipikirkan, sebuah tanggung jawab yang menentukan layak atau tidaknya menjadi seorang leader.

Gimana nih! siap nggak jadi seorang leader, masih kepengen jadi seorang leader? kalau jawabannya Iya! kamu harus banyak belajar lagi! baik dari berbagai buku dan juga dari para pengusaha atau seorang leaders hebat diluar sana, terus asah kemampuannya Ya!

Referensi : Aksoro