Iklan saya

header ads

Latih Jiwa Leadershipmu dan Temukan itu Mulai Sekarang

Timeoke, Aceh Besar +
Inspirasi - Sebenarnya semuanya bisa dilatih jadi manfaatkan waktumu untuk mengasah pengembangan diri, misalkan mempertajam skill leadership atau kepemimpinan, Joseph Folkman dalam penelitiannya yang dilakukan pada 100.000 pemimpin, mengatakan bahwa dengan mengembangkan satu skill aja, dampak yang akan ditimbulkan sangat besar.

Katanya nih dari hasil pemeriksaannya kalau data dari lebih 100.000 pemimpin ia menemukan bahwa mengembangkan hanya satu keterampilan dapat memiliki dampak yang mendalam, Joseph juga mengatakan kalau orang-orang yang tidak memiliki kemampuan mendalam, peringkat efektivitasnya secara rata-rata berada pada persetil di 29, namun jika memiliki satu skill mendalam seperti keterampilan atau perilaku individu pada persentil di 90, efektivitas keseluruhan akan meningkat 22 poin persentil di persentil 52.

Dari karena itu Joseph mengatakan ada hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kemampuan leadership kita, seperti Berlatih mendengarkan secara aktif, kebanyakan orang tidak melakukannya dengan baik dan seringkali tidak menganggap hal itu penting.

Setelah percakapan anda berikutnya, tanyakan pada orang yang kamu dengarkan seberapa baik menurut mereka kamu mendengarkan dan apa yang dapat kamu lakukan agar lebih baik, membangun hubungan yang emosional menurut Joseph di lingkungan pekerjaan seringkali orang akan menghindari percakapan pribadi atau bahkan enggan menyapa dengan cara yang menyenangkan, dan sebagian merasa sibuk padahal nggak sibuk tapi sok sibuk sehingga membangun interaksi dinilai hanyalah buang-buang waktu.

Padahal menurut Joseph ia mengatakan kalau sebagian besar karyawan itu bersedia berkerja lebih keras dan berbuat lebih banyak untuk seseorang yang mereka sukai, untuk melatih jiwa leadershipmu, maka kamu harus mampu mengidentifikasi satu projek yang perlu dimulai dan segera mulai, mengambil inisiatif merupakan sebuah keterampilan yang mengesankan, karena kebanyakan orang memiliki daftar projek yang perlu dilakukan tetapi tidak pernah memulai.

Mulailah identifikasi projek yang mendesak dan mulailah berkerja karena memulai adalah bagian yang paling sulit, berikan lebih banyak feedback yang positif kepada orang lain, carilah peluang setiap hari untuk memberi tahu ke orang lain bahwa mereka melakukan pekerjaan yang sangat baik dan berterima kasihlah atas kontribusinya, ini mudah dilakukan tetapi seringkali kita sok sibuk sehingga kita lupa untuk mengucapkan terimakasih, memberikan penghargaan dan mengucapkan terimakaih untuk orang lain itu penting dan perlu, kata Joseph.

Temukan masalah dan perbaiki dan sungguh menabjubkan ketika orang bertahan di satu masalah atau prosedur yang tidak efisien, padahal solusi yang diperlukan tidak begitu sulit untuk dicapai, menolak perubahan membuat kita melakukan hal yang sama dengan cara yang sama, meskipun ada cara lain yang lebih baik.

Membantu seseorang untuk mengembangkan keterampilan baru merupakan suatu hal yang mulia, salah satu yang paling memuaskan yang dapat dilakukan seseorang untuk diri mereka sendiri adalah membatu orang lain mengembangkan atau mempelajari sebuah keterampilan baru.

Hubungkan sesuatu yang kamu ingin orang lain lakukan dengan strategi dan arah jangka panjang, seringkali kita meminta orang lain melakukan pekerjaan tertentu yang selalu berulang, ketika kita menghubungkan pekerjaan kita dengan bagaimana itu akan membantu organisasi mencapai cita-cita dan tujuannya, makan motivasi diyakini akan meningkat.

Identifikasi satu hal yang harus kamu ubah agar lebih efektif, dibutuhkan keberanian untuk berubah tetapi hidup terus memberikan tantangan baru yang membutuhkan keterampilan baru, keterampilan apa yang akan membantu kamu menjadi lebih produktif, efisien atau efektif?

Buat rencana yang spesifik untuk meningkatkan satu keterampilan, terkadang kita memutuskan untuk meningkatkan skill, tetapi rencana yang dibuat tidak diikut sertakan tindakan, orientasi hasil dan tanggal patokan untuk mengevaluasi kemajuan, salah satu cara untuk memastikan bahwa rencana itu akan diikuti adalah dengan membagikan rencana itu dengan orang lain yang akan membuat kamu merasa bertanggung jawab.

Selain itu, minta feedback dari orang lain, orang-orang yang memiliki kebiasaan meminta feedback kepada orang lain dan kemudian bertindak berdasarkan feedback tersebut hingga akhirnya menjadi jauh lebih efektif dan sukses, umpan balik yang diberikan orang lain akan membuat kamu maju, apalagi kalau bertemu dengan orang yang memberikan kritik membangun.

Menjadi pemimpin juga harus menetapkan tujuan yang lebih sulit, sebagian besar dari kita menghindari sasaran yang sulit karena khawatir akan merasa sedikit kewalahan, tetapi bagi banyak orang saat ini menetapkan tujuan yang sulit membuat mereka merasa lebih baik, dan menjadi berada selangkah didepan dari orang lain.

Tunjukan gairah kamu dan buat orang lain bersemangat tentang sesuatu yang perlu dilakukan, gairah dan kegembiraan kamu itu bisa menular ke orang lain, jadi ingat kalau kegembiraan dapat memberikan pengaruh yang besar terhadap orang lain, dari situ kamu harus tunjukkan kepedulian kamu terhadap orang lain.

Rasa kepedulian itu dapat ditunjukan dengan rasa keterhubungan secara mendalam dengan orang lain, jadi tunjukan pada mereka kalau kamu peduli dan bahwa kamu ingin membantu tapi harus tulus Ya!

Cari peluang tambahan untuk berkerja sama dengan orang lain, kamu juga bisa menciptakan kelompok berkerja bersama, saat ini kita harus berkerja sama memberantas Corona dengan saling membantu sesama.

Lakukan tiga panggilan tambahan setiap hari dengan orang lain dan pastikan semuanya baik-baik saja, jika kamu meluangkan waktu dan berusaha mengubah diri sendiri, kamu dapat mengubah dunia kamu mulai dari sekarang ini