Iklan saya

header ads

Ini Alasan Kenapa Pentingnya Teknik Komunikasi Bagi Leader

Timeoke, Aceh Besar +
Leader - Eksekutif Produser dan penyiar berita di Kompas TV, Riko Anggara saat memberikan materi Effective Oral Communication menekankan pentingnya penguasaan komunikasi bagi seorang leader.

Pasalnya seorang leader selain harus visioner juga harus bisa menyampaikan visi misinya tersebut kepada para audiens atau pengikutnya dengan baik dan lancar sehingga tidak terjadi kesalahpahaman dalam mewujudkan visinya tersebut.

Menurut pria yang pernah menjadi staf khusus Julian Aldrin Pasha, Juru Bicara Presiden di era Susilo Bambang Yudhoyono ini, sebenarnya public speaking itu tidak ada.

"Yang ada adalah kita mengajak bicara satu per satu audiens yang ada di dalam ruangan. Jadi kalau kebiasaan waktu ngomong di depan umum hanya melihat jidat orang, yang benar adalah kita melihat satu per satu mata mereka, sehingga mereka merasa lagi diajak ngomong. Jadi lebih terasa interaksi timbal baliknya,” terang Riko.

Selain menekankan pentingnya reaksi timbal balik tersebut, menurut Riko, bagi seorang leader dalam berkomunikasi juga harus mengetahui pentingnya konsep 'aha moment'.

Menurutnya, “Aha Momen” ini bisa menjadi positif, tapi juga bisa memberikan efek negatif. Sisi positif bisa diperoleh ketika seseorang menyampaikan informasi baru yang belum diketahui oleh audiensnya.

Tapi, “Aha Momen” ini juga bisa memberikan efek negatif saat audiens menganggap topik yang dibicarakan membosankan atau malah menimbulkan pertanyaan “So, what?”

Salah satu tips utama yang sebaiknya dikuasai seorang leader saat berbicara di depan audiens adalah dengan menggunakan suara diafragma.

Riko menekankan bahwa suara yang keluar saat melakukan public speaking harusnya suara yang kuat dan bulat, bukan seperti suara yang digunakan saat mengobrol biasa.

Riko pun memperkenalkan konsep Alpha Voice pada para peserta Leadership Development. Menurutnya, saat sedang berbicara di depan umum, hal pertama yang diperhatikan oleh audiens bukanlah apa yang diucapkan, melainkan tone suaranya.

"Jadi, suara sangat mempengaruhi bagaimana pesan tersampaikan secara efektif," ujarnya.

Alpha Voice merujuk pada kemampuan berbicara dengan otoritas dengan tone dan suara yang dimiliki. "Inilah mengapa orang yang berbicara dengan tegas akan lebih didengar daripada mereka yang berbicara dengan pelan saat berada di depan umum," ujarnya.